Pengenalan Bahasa Pemrograman Java

1
140
pengenalan_java

Artikel kali ini saya akan membahas tentang pengenalan bahasa pemrograman Java. Apa sih Java itu? software apa saja yang dapat digunakan untuk mengembangkan program dalam Java.

Sebagai salah satu bahasa pemrograman, Java cukup konsisten sampai saat ini menjadi bahasa pemrograman yang cukup digemari. Java juga dapat membuat seluruh bentuk aplikasi desktop, web, android, dan lainnya. Java adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi. Salah satu keunggulan Java adalah open source. Java dikembangkan tidak terfokus pada satu sistem operasi saja, tapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi.

Sebagian besar dalam bahasa pemrograman, kode program harus dikompilasi (compile) atau diterjemahkan (interpret) agar dapat dijalankan dalam sebuah komputer. Nah, dalam Java terdapat tools untuk melakukan kompilasi kode program bisa disebut compiler, sedangkan yang digunakan untuk interpretasi kode program disebut interpreter.

Kita mungkin pernah dengar compiler dan interpreter, tapi tidak tahu apa sebenarnya mereka itu. Keduanya itu memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penterjemah kode. Perbedaannya yaitu pada proses eksekusi kodenya. Compiler menterjemahkan kode secara keseluruhan, sedangkan Interpreter menterjemahkan kode baris demi baris. Ilustrasi singkat seperti gambar dibawah ini :

proses_eksekusi_program_java

Jadi dalam Java, hasil akhir programnya akan berupa bytecode dengan ekstensi .class bukan file .exe . Selanjutnya, bytecode akan dieksekusi baris demi baris oleh interpreter. Dengan demikian, proses compiler hanya dilakukan diawal saja, sedangkan interpreter akan dilakukan pada saat program dijalankan.

Dengan begitu, mungkin kita pernah dengar kalimat seperti ini

“Write once, run anywhere”

Istilah itu memiliki arti bahwa, dengan kita menulis program Java lalu melakukan kompilasi pada kodenya, maka bytecode dari kode tersebut dapat dijalankan dalam platform manapun selama platform itu memiliki JVM (Java Virtual Machine). JVM adalah inti dari bahasa pemrograman Java. JVM berfungsi untuk mengubah bahasa program yang kita telah buat menjadi bahasa mesin, karena bahasa Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi atau bahasa yang bisa kita pahami dibutuhkan pengkonversi ke bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer. Contohnya implementasi dari istilah diatas adalah, satu program yang sama dapat dijalankan di berbagai macam Operating System.

Apa saja software yang dibutuhkan?

JDK (Java Development Kit)

JDK adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti oleh mesin dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). JDK adalah software requirement pada komputer yang akan melakukan pembuatan aplikasi berbasis Java, tapi tidak wajib terinstall di komputer yang akan menjalankan aplikasi berbasis Java. Download JDK

JRE (Java Runtime Environment)

JRE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Download JRE

IDE (Integrated Development Environment)

IDE adalah perangkat lunak yang memiliki fasilitas dan diperlukan dalam pembangunan dan pengembangan perangkat lunak. Mengapa kita membutuhkan IDE untuk pembangunan dan pengembangan aplikasi? Karena, dengan menggunakan IDE, semua kebutuhan pemrograman akan dijadikan menjadi satu tempat. Mulai dari text editor, compilerinterpreter, dan saat ini sudah dilengkapi dengan auto-completedebbug, dan syntax highlight. Khusus untuk Java, saat ini ada 3 IDE yang populer, yaitu :

– Jcreator : Software ini adalah IDE yang sederhana dan cepat dalam membangun         program Java. Untuk download IDE nya, bisa buka link ini Download JCreator.

– Eclipse : Software ini adalah IDE yang dikembangkan oleh IBM dan perlu memiliki RAM yang cukup besar. Biasanya IDE Eclipse digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang cukup kompleks. Untuk mendapatkan IDE Eclipse, bisa buka link ini Software Eclipse.

– Netbeans : Software ini adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun perangkat lunak dengan berbagai tipe aplikasi. Netbeans IDE sangat menarik dan layak digunakan untuk pemula maupun yang sudah mahir. Netbeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak berbasis J2SE, J2EE, J2ME, JavaFX, PHP, C/C++. Ruby, Groovy dan Python.Untuk mendapatkan Netbeand IDE terbaru, bisa buka link ini Software Netbeans.

Sekian artikel pengenalan Bahasa Pemrograman Java kali ini, semoga bermanfaat ^_^

Sumber referensi : About The Java Technology

SHARE
Next articleStatement Kontrol dalam Java

Leave a Reply

1 Comment on "Pengenalan Bahasa Pemrograman Java"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] Baca Juga : Pengkondisian If dalam Java […]

wpDiscuz